Matematika
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas : IX (Sembilan)
Kompetensi
Inti :
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai
Karakter
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.1 Menjelaskan
dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar,
serta sifat-sifatnya
|
Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
· Bilangan berpangkat bilangan bulat
(bilangan berpangkat
bulat positif, sifat-sifat operasi bilangan berpangkat, sifat perpangkatan
bilangan berpangkat)
· Bilangan berpangkat bulat negatif dan nol
(bilangan berpangkat
bulat negatif, bilangan berpangkat nol
· Bentuk akar
· Merasionalkan bentuk akar
|
·
|
· Mengamati penggunaan bilangan tentang bilangan yang disajikan dalam
bentuk berpangkat bulat, bentuk akar
dan pangkat pecahan, operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat
bulat dan bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari
· Mencermati sifat-sifat operasi yang
melibatkan bilangan berpangkat bulat atau pecahan
· Menyajikan hasil pembelajaran
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta
sifat-sifatnya
|
·
|
·
|
·
|
4.1 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat
dan bentuk akar
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.2 Menjelaskan
persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara
penyelesaiannya
|
Persamaan Kuadrat
·
Persamaan kuadrat
·
Pemfaktoran persamaan kuadrat
·
Akar persamaan kuadrat
·
Penyelesaian persamaan kuadrat
·
Pemecahan masalah yang melibatkan persamaan kuadrat
|
·
|
· Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan persamaan kuadrat
· Mencermati faktor-faktor bentuk aljabar
dalam persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat
·
Mencermati
karakteristik persamaan kuadrat berdasarkan akar-akarnya. Misal: dua akar
berbeda, satu akar tunggal, tidak memiliki akar real
·
Mengumpulkan informasi tentang hasil jumlah dan
hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
·
Menyajikan hasil pembelajaran persamaan kuadrat
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
·
|
·
|
·
|
4.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.3 Menjelaskan
fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
|
Fungsi Kuadrat
· Fungsi kuadrat dengan tabel, grafik, dan
persamaan
· Sifat-sifat fungsi kuadrat
· Nilai maksimum
· Nilai minimum
· Pemecahan masalah melibatkan sifat-sifat
fungsi kuadrat
|
·
|
· Mengamati model atau permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
· Mencermati fungsi kuadrat yang disajikan
dalam bentuk tabel, grafik, dan persamaan
· Mencermati cara menggambar sketsa grafik
fungsi kuadrat, bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya
(membuka ke atas, ke bawah, ke kanan, atau ke kiri)
· Menganalisis keterkaitan antara fungsi kuadrat, grafik
fungsi kuadrat, dan persamaan kuadrat
· Menganalisis
bentuk grafik fungsi
dikaitkan dengan diskriminannya (memotong sumbu koordinat Kartesius di dua
titik berbeda, menyinggung sumbu koordinat Kartesius, tidak memotong sumbu
koordinat Kartesius)
· Mencermati cara menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu
fungsi kuadrat
· Menganalisis
bentuk grafik fungsi
dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke bawah, ke kanan,
atau ke kiri)
· Menyajikan hasil pembelajaran
tentang fungsi kuadrat
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
|
·
|
·
|
·
|
4.3 Menyajikan
fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.4 Menjelaskan
hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
4.4 Menyajikan
dan menyelesaikan masalah kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi
kuadrat
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.5 Menjelaskan
transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang
dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
Transformasi
· Translasi
· Refleksi
· Rotasi (Perputaran)
· Dilatasi
|
·
|
· Mengamati demontrasi tentang refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi
· Mencermati masalah di sekitar yang melibatkan transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
· Melakukan
percobaan untuk menentukan hubungan antara suatu titik dengan titik hasil
transformasi (refleksi, translasi,
rotasi, dan dilatasi)
· Menyajikan hasil pembelajaran
tentang transformasi
(refleksi, translasi, rotasi, dan
dilatasi)
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan transformasi
|
·
|
·
|
·
|
4.5 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi,
translasi, rotasi, dan dilatasi)
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.6 Menjelaskan
dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
|
Kesebangunan dan Kekongruenan
· Kesebangunan dua bangun datar
· Segitiga-segitiga sebangun
· Segitiga-segitiga kongruen
· Pemecahan masalah yang melibatkan
kesebangunan dan kekongruenan
|
·
|
· Mencermati benda di sekitar yang
berkaitan dengan kesebangunan dan
kekongruenan bangun datar
· Mencermati
ukuran sisi
dan sudut pada bangun datar yang sebangun atau kongruen
· Mencermati
perbandingan sisi dan
sudut antara bangun datar sebangun
atau konguren
· Menganalisis hubungan antara luas bangun dengan
panjang sisi antara bangun yang
sebangun atau kongruen
· Menyajikan hasil pembelajaran
tentang kesebangunan dan
kekongruenan
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan
|
·
|
·
|
·
|
4.6 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun
datar
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.7 Membuat
generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung
(tabung, kerucut, dan bola)
|
Bangun Ruang Sisi Lengkung
§ Tabung
§ Kerucut
§ Bola
§ Luas Permukaan: tabung, kerucut, dan bola
§ Volume: tabung, kerucut dan bola
§ Pemecahan masalah yang melibatkan bangun
ruang sisi lengkung
|
·
|
·
Mencermati model atau benda di
sekitar yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung
·
Mencermati unsur-unsur bangun ruang sisi lengkung
(tabung, kerucut, dan bola) melalui gambar, video atau benda nyata
· Mencermati bentuk dan ukuran sisi
jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola
· Melakukan
percobaan untuk menemukan rumus luas permukaan dan rumus volumen bangun ruang
sisi lengkung (tabung, kerucut, dan
bola)
· Menyajikan hasil pembelajaran
tentang
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
|
·
|
·
|
·
|
4.7 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun
ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa
bangun ruang sisi lengkung
|
·
|
·
|
·
|
·
|
No comments:
Post a Comment